PENGEMBANGAN MATERI AJAR ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK BERBASIS BAHASA SUNDA WEWENGKON KUNINGAN DI PRODI PBSI UNIKU

Penulis

  • Sri LIna dewi 1
  • Asep Jejen Jaelani
  • Tifani Kautsar

DOI:

https://doi.org/10.25134/ajpm.v3i1.44

Kata Kunci:

tambahan pada materi ajar yaitu percakapan

Abstrak

ABSTRAK: Merancang dan mengembangkan materi ajar alih kode dan campur kode berbasis bahasa sunda wewengkon guna menarik perhatian mahasiswa tentunya harus disesuaikan dengan kondisi mahasiswa, adanya indikasi bahwa pada perkuliahan sosiolinguistik tentang alih kode dan campur kode masih banyak yang bingung untuk membedakannya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini sebagai langkah awal merancang sebuah pengembangan materi perkuliahan yang ada di prodi PBSI Uniku. Penelitian ini dilandaskan pada tiga rumusan masalah yakni, (1) bagaimana kebutuhan materi ajar alih kode dan campur kode berbasis bahasa wewengkon kuningan? (2) bagaimana prototipe materi ajar alih kode dan campur kode berbasis bahasa wewengkon kuningan? dan (3) bagaimana pengembangan materi ajar alih kode dan campur kode berbasis bahasa wewengkon kuningan? Untuk menjawab tiap rumusan masalah di atas, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Teknik pemerolehan data pada penelitian ini yaitu melalui analisis RPS, analisis kebutuhan, dan pembagian angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa mahasiswa masih ada yang bingung membedakan antara apa itu alih kode dan campur kode dan membutuhkan kebaruan dalam materi ajar tersebut seperti (1) menggunakan bahasa sunda wewengkon yang mudah dipahami dan dicerna. Dari hasil analisis RPS dan kebutuhan, maka disusunlah sebuah rancangan pengembangan materi ajar berbasis bahasa sunda wewengkon kuningan.

KATA KUNCI: Analisis RPS, kebutuhan, materi perkuliahan, prototipe materi perkuliahan, pengembangan materi perkuliahan.

Development of Teaching Materials for Code Switching and Code Mixing in Sociolinguistic Courses Based on Sundanese Language Wewengkon Kuningan

ABSTRACT: Designing and developing teaching materials for code switching and code mixing based on Sundanese language wewengkon to attract students' attention must of course be adjusted to the conditions of students, there are indications that in sociolinguistic lectures about code switching and code mixing there are still many who are confused to distinguish them. Therefore, researchers conducted this research as an initial step in designing a development of lecture material in the PBSI Uniku study program. This research is based on three problem formulations, namely, (1) how are the needs of teaching materials for code switching and code mixing based on brass wewengkon language? (2) how is the prototype of teaching materials for code switching and code mixing based on brass wewengkon language? and (3) how is the development of teaching materials for code switching and code mixing based on brass wewengkon language? To answer each of the problem formulations above, researchers used the research and development (R&D) method with the ADDIE model approach. Data acquisition techniques in this study were through RPS analysis, needs analysis, and questionnaire distribution. The data analysis technique uses qualitative and quantitative descriptive techniques. Based on the results of the analysis that has been done that there are still students who are confused about the difference between what is code switching and code mixing and need novelty in the teaching material such as (1) using Sundanese language wewengkon which is easy to understand and digest. From the results of the RPS and needs analysis, a teaching material development design based on Sundanese language wewengkon kuningan was prepared.

KEY WORDS: RPS analysis, needs, course materials, prototype of course materials, course material development.

Referensi

Abbas Asriani, Said M. Ikhwan, Manaf Yuliana Eva, 2021. Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Wolio Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota BauBau. Jurnal Ilmu Budaya. Volume 9, Nomor 1, Tahun 2021.

Agustinuraida Ida. Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia. Volume 1, Nomor 2, Agustus 2017.

Anjany Anny, Khoirurrohman Taufik, 2020. Alih Kode dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Di SD Negeri Ketug (KAJIAN SOSIOLINGUISTI). Jurnal Dialektika. Volume 10, Nomor 1, Maret 2020.

Ardiansyah Arif, Wadarita Ratu, Hj, Sukmana Andini, Ayu, 2021. Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Dalam Acara Mata Najwa Pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Kredo. Volume 5 Nomor 1 Oktober 2021.

Mulyaningsih Indrya, Itaristanti, Fauziyah Ayu,2019. Fenomena Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Angkutan Umum (ELF) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2, Nomor 2, November 2019.

Rahayu Ririn, Harliyana Iba, Marni Ila, 2020. Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Bertutur Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Malikussaleh. Jurnal Kande. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020, hal 9-20.

Wirahyuni Kadek, 2017. Campur Kode Dalam Iklan Di Radio Dan Televisi. Jurnal IKA. Volume 15, No. 2, September 2017. ISSN 1829-5282.

Wulandari Catur, Rahayu Ngudining, Akhii Laiman, 2018. Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Percakapan Di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Volume II, Nomor I, April 2018.

Branch Maribe Robert, Instructional Design. The ADDIE Approach.

Hidayat Fitria, Nizar Muhammad. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Volume 1, No. 1, Desember 2021 M/1443 H.

Yudiana Kadek, Sugihartini Nyoman. ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Vol. 15, No. 2, Juli 2018, Hal: 277.

Mubasyiroh, 2020. Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Arab. Deskripsi Bahasa Vol. 3(2). 2020, pp. 182-193.

Humaira Wahdah Hera, Agustiani Tanti, Alawiyah Rifa Siti. Wujud Dan Faktor Penyebab Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ISSN: 2614—4743.

Thaba Aziz, Akram Akram, Mahmut Karim Abdul, Adam Andi. Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berbasis Flipbook Maker. Vol 18, No 1 (2022).

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

dewi, S. L., Asep Jejen Jaelani, & Kautsar, T. (2023). PENGEMBANGAN MATERI AJAR ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK BERBASIS BAHASA SUNDA WEWENGKON KUNINGAN DI PRODI PBSI UNIKU. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 37–41. https://doi.org/10.25134/ajpm.v3i1.44

Terbitan

Bagian

Articles