https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/issue/feedAnafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2025-02-14T15:02:14+07:00Andriyana[email protected]Open Journal Systems<p>Anafora diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. Kami ingin meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh mahsiswa D3, S1, S2, dan S3 yang butuh muara akhir dari penelitian yaitu publikasi ilmiah dalam jurnal. Mahasiswa sebagai peneliti pemula kami wadahi sebagai bentuk apresiasi dari proses mereka belajar dalam meneliti. </p>https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/187Penguasaan Kata Baku dan Kalimat Efektif pada Siswa MTs. Al Amin Bogor dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur2025-01-30T05:55:52+07:00Sofiatin[email protected]Yulia Adiningsih[email protected]Siti Anggraeni[email protected]<p><strong>ABSTRAK:</strong> Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan penguasaan kata baku dan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII MTs Al Amin Bogor. Berdasarkan analisis data didapatkan; 1) adanya hubungan penguasaan kata baku dengan keterampilan menulis teks prosedur yaitu rhitung sebesar 0,691 dan rtabel 0,349. Disimpulkan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,691 > 0,349 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 2) adanya hubungan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur yaitu rhitung sebesar 0,583 dan rtabel 0,349. Disimpulkan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,583 > 0,349 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 3) adanya hubungan penguasaan kata baku dan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur menghasilkan rhitung sebesar 0,713 dan rtabel yaitu 0,349. Disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,713 > 0,349, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.</p> <p><strong>KATA KUNCI:</strong> <em>Penguasaan kata baku, kalimat efektif, keterampilan menulis teks prosedur</em></p> <p> </p> <p><strong>MASTERY OF STANDARD WORDS AND EFFECTIVE SENTENCES</strong><strong>FOR STUDENTS OF MTS AL AMIN BOGOR IN</strong><strong>PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS</strong></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>This research intend to determine the relationship between mastery of standard words and effective sentences and procedural text writing skills in class VII students at MTs Al Amin Bogor. Based on data analysis, it was found; 1) there is a relationship between mastery of standard words and procedural text writing skills, namely rcount of 0.691 and rtable of 0.349. It can be concluded that rcount is greater than rtable, namely 0.691 > 0.349 so that H1 is accepted and H0 is rejected, 2) there is a relationship between effective sentence mastery and procedural text writing skills, namely rcount is 0.583 and rtable is 0.349. It can be concluded that rcount is greater than rtable, namely 0.583 > 0.349 so that H1 is accepted and H0 is rejected, 3) there is a relationship between mastery of standard words and effective sentences with procedural text writing skills resulting in rcount of 0.713 and rtable of 0.349. It was concluded that rcount was greater than rtable, namely 0.713 > 0.349, so H1 was accepted and H0 was rejected.</p> <p><strong>KEYWORDS: </strong><em>Mastery of standard words, effective sentences, procedure text writing skills</em></p>2024-12-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Sofiatin, Yulia Adiningsih, Siti Anggraenihttps://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/132Persepsi Siswa Kelas VII I SMPN 6 Kota Cirebon terhadap Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi2024-08-22T05:02:14+07:00Silva Sekar Auliya[email protected]Jimat Susilo[email protected]<p><strong>ABSTRAK:</strong> Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran yang monoton dan hanya bergantung pada buku teks serta materi tertulis yang seringkali membuat siswa merasa jenuh. Kurangnya variasi media pembelajaran tentu akan menghambat minat belajar dan menurunkan motivasi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam penggunaan medai pembelajaran yang leih menarik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi menulis teks deskripsi di kelas VII I SMPN 6 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 35 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa media berbantuan storyline mampu merangsang kreativitas siswa dalam memilih kata, menggunakan kalimat yang variatif, dan mengembangkan imajinasi dalam menggambarkan sesuatu. Selain itu, storyline juga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa di kelas VII I SMPN 6 Kota Cirebon.</p> <p><strong>KATA KUNCI:</strong> <em>Storyline, Teks deskripsi, Peningkatan Kreativitas</em>.</p> <p> </p> <p><strong>Perception of Grade VII I I SMPN 6 Cirebon City Students on the Use of Media in Learning to Write Descriptive Texts</strong></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>This research is motivated by the monotonous learning process and only relying on textbooks and written materials which often make students feel bored. The lack of variety of learning media will certainly hinder students' interest in learning and reduce student motivation. Therefore, there needs to be innovation in the use of more interesting learning media. So this study aims to find out students' perceptions in the use of Articulate Storyline learning media in the material of writing descriptive texts in grade VII I SMPN 6 Cirebon City. The method used in this study is qualitative descriptive research. This study involved 35 students as research subjects. Data were collected through observation activities, interviews and interviews. The results of the research conducted show that storyline-assisted media is able to stimulate students' creativity in choosing words, using varied sentences, and developing imagination in describing something. In addition, the storyline also makes the learning process more fun and meaningful for students in grade VII I SMPN 6 Cirebon City.</p> <p><strong>KEYWORDS: </strong><em>Storyline, Description text, Creativity Enhancement</em>..</p>2024-08-22T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Silva Sekar Auliya, Jimat Susilohttps://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/49Penggunaan bahasa oleh komika Kiky Saputri dalam acara HUT indosiar meroasting crazy rich indonesia (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)2023-09-25T14:38:08+07:00Aulia Rahmayani[email protected]Arip Hidayat[email protected]Aan Anjasmara[email protected]Andriyana Andriyana[email protected]<p><strong>ABSTRAK:</strong> Roasting merupakan salah satu teknik komedi yang digunakan untuk mengkeritik seseorang, roastingan ini akan menyampaikan informasi yang berhubungan dengan suatu individu yang dibawakan dengan suatu humor. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa roasting oleh komika Kiky Saputri,pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis wacana kritis (AWK) model Norman Fairclough. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif. Dengan model diskursus yang memuat tiga dimensi analisis wacana. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penggunaan bahasa roasting yang digunakan oleh komika Kiky Saputri. Hasil analisis dipaparkan dalam bentuk tiga dimensi wacana yaitu : (1) Dimensi Teks (Mikrostruktural) yang didalamnya mencakup kohesi, koherensi, tata bahasa dan diksi. Dalam penelitian ini terdapat data yang kebanyakan termasuk kedalam kohesi dan koherensi. (2) Discourse Practice (Masostructural) mencakup produksi, penyebaran dan konsumsi. Dalam hasil data penelitiannya terdapat semua aspek yang termasuk kedalam discourse practice, (3) Sociocultural Practice (Makrostructural) mencakup situasional, institusional dan sosial. Dalam hasil data penelitianya terdapat semua aspek yang termasuk kedalam sociocultural practice.</p> <p><strong>KATA KUNCI:</strong> <em>Bahasa roasting, analisis wacana kritis Norman Fairclough, dimensi teks,discourse practice, sociocultural practice.</em></p> <p> </p> <p><strong>THE USE OF LANGUAGE BY KOMIKA KIKY SAPUTRI IN THE INDOSIAR ANNIVERSARY</strong><strong>EVENT WHICH ROASTING CRAZY RICH INDONESIA (Norman Fairclogh’s Critical Discourse Analysis)</strong></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>Roasting is one of the comedic techniques used to criticize someone, this roast will convey information related to an individual that is delivered with humor. This study aims to describe the use of roasting language by comic Kiky Saputri, the approach used in this study is the Norman Fairclough critical discourse analysis (AWK) approach. This type of research is descriptive qualitative research. With a discourse model that contains three dimensions of discourse analysis. The results of this study indicate the use of roasting language used by comic Kiky Saputri. The results of the analysis are presented in the form of three dimensions of discourse, namely: (1) Text Dimension (Microstructural) which includes cohesion, coherence, grammar and diction. In this study, there are data that are mostly included in cohesion and coherence. (2) Discourse Practice (Masostructural) includes production, dissemination and consumption. In the results of the research data there are all aspects included in the discourse practice, (3) Sociocultural Practice (Macrostructural) includes situational, institutional and social. In the results of the research data, there are all aspects included in sociocultural practice.</p> <p><strong>KEYWORDS: </strong>Roasting language, Norman Fairclough's critical discourse analysis, text dimensions, discourse practice, sociocultural practice</p>2024-08-07T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Aulia Rahmayani, Arip Hidayat, Aan Anjasmara, Andriyana Andriyanahttps://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/188ANALISIS BIBLIOMETRIK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR2025-02-14T15:02:14+07:00Anna Patricia Fernanda[email protected]Dena Widia[email protected]Melvindi Mutiara Dewi[email protected]Andriyana[email protected]<p><strong>ABSTRAK:</strong> Penelitian ini menganalisis perkembangan studi mengenai pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan pendekatan bibliometrik. Dengan memanfaatkan alat seperti Publish or Perish dan VOSviewer, penelitian ini memetakan tren, pola, dan kontribusi berbagai model pembelajaran, termasuk Project-Based Learning (PBL), Discovery Learning, Cooperative Script, dan pendekatan berbasis STEAM. Data dianalisis dari publikasi tahun 2004 hingga 2025, dengan fokus pada tingkat SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode-metode inovatif ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa secara efektif melalui kreativitas, kolaborasi, dan penggunaan media visual. Analisis ini berkontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih relevan dan efektif, serta memberikan wawasan bagi kebijakan pendidikan masa depan.</p> <p><strong>KATA KUNCI:</strong> <em>Identi</em> <em>pembelajaran, teks prosedur, bibliometrik, model pembelajaran, keterampilan menulis</em></p> <p> </p> <p><strong>BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF LEARNING TO WRITE PROCEDURAL TEXTS</strong></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>This study analyzes the development of research on teaching procedural text writing using a bibliometric approach. Utilizing tools such as Publish or Perish and VOSviewer, the study maps trends, patterns, and contributions of various teaching models, including Project-Based Learning (PBL), Discovery Learning, Cooperative Script, and STEAM-based approaches. Data were analyzed from publications between 2004 and 2025, focusing on 7th-grade junior high school students. The results indicate that these innovative methods effectively enhance students’ writing skills through creativity, collaboration, and the use of visual media. This analysis contributes to the development of more relevant and effective teaching strategies and provides insights for future educational policy</p> <p><strong>KEYWORDS: </strong><em>teaching, procedural text, bibliometrics, teaching models, writing skills</em></p>2024-12-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Anna Patricia Fernanda, Dena Widia, Melvindi Mutiara Dewi, Andriyanahttps://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/133DESAIN PENGEMBANGAN MODEL CR2C (CONSTRUCTIVE RESPONSIVE READING COMPREHENSION) BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MEMBACA PEMAHAMAN DI PERGURUAN TINGGI2024-09-12T23:12:57+07:00Fuzi Sundari[email protected]Ida Hamidah[email protected]Ifah Hanifah[email protected]<p><strong>ABSTRAK: </strong>Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kemampuan membaca yang rendah. Keterampilan abad 21 berorientasi pada segala hal yang bersifat digital, begitupun dalam hal membaca di kalangan mahasiswa. Model CR2C (<em>Constructive Responsive Reading Comprehension</em>) merupakan suatu model membaca interaktif yang diselaraskan dengan strategi membaca pemahaman responsif konstruktif dalam teks digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and Development </em>(R&D) dengan model pengembangan model 4D (<em>Define, Design, Develop, dan Disseminate</em>). Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman dengan (<em>collection</em>, <em>reduction</em>, <em>display, </em>dan <em>conclusion drawing/ veryfiying)</em>. Penelitian ini menghasilkan suatu analisis kebutuhan yaitu kebutuhan/keperluan (<em>necessities</em>), kekurangan (<em>lacks</em>), dan keinginan (<em>Wants</em>). Hasil yang diproleh dari penelitian ini adalah kemampuan memahami teks digital mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan yang berada pada kategori sangat rendah (5.48). Kompetensi pemahaman tertinggi terletak pada pemahaman literal pemahaman terendah terletak pada pemahaman apresiasi. Berdasarkan data yang diproleh, belum ada model yang mengarahkan mahasiswa untuk menjelajahi ruang informasi dan <em>hyperlink </em>di internet , begitupun dengan panduan menemukan dan menentukan suatu sumber yang relevan dan terpercaya. Dari hasil tersebut disusunlah suatu sintaks model beserta deskripsi langkah-langkahnya sebagai produk yang nanti bisa dikembangkan lagi oleh peneliti lain.</p> <p> </p> <p><strong>KATA KUNCI: </strong><em>Analisis kebutuhan; Desain Model CR2C; Membaca Pemahaman; Literasi Digital</em></p> <table> <tbody> <tr> <td width="147"> </td> </tr> <tr> <td> </td> <td> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> <p>> </p> <p><strong><em>DESIGN DEVELOPMENT OF THE CR2C (CONSTRUCTIVE RESPONSIVE READING COMPREHENSION) MODEL BASED ON DIGITAL LITERACY IN READING COMPREHENSION IN UNIVERSITIES</em></strong></p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>Indonesia is one of the countries that have low reading ability. 21st century skills are oriented to all things digital, as well as in terms of reading among students. The CR2C (Constructive Responsive Reading Comprehension) model is an interactive reading model that is aligned with a constructive responsive reading comprehension strategy in digital texts. The method used in this research is Research and Development (R&D) with a 4D model development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The data analysis technique used is the Miles and Huberman model with (collection, reduction, display, and conclusion drawing/very fiying). This research produces a needs analysis, namely needs, deficiencies, and wants. The results obtained from this study are the ability to understand digital texts of Indonesian Language and Literature Education students at Kuningan University which is in the very low category (5.48). The highest comprehension competence lies in literal understanding, the lowest understanding lies in appreciation understanding. Based on the data obtained, there is no model that directs students to explore the information space and hyperlinks on the internet, as well as a guide to finding and determining a relevant and reliable source. From these results, a syntax model along with a description of the steps was compiled as a product that could later be developed by other researchers.</p> <p> </p> <p><strong>KEYWORDS: </strong><em>Needs analysis; CR2C Model Design; Reading Comprehension; Digital Literacy</em></p>2024-12-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Fuzi Sundari, Ida Hamidah, Ifah Hanifahhttps://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora/article/view/130ANALISIS PESAN MORAL DALAM MAKNA LIRIK LAGU JANGAN BAKAR BUKU KARYA BAND EFEK RUMAH KACA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII2024-07-19T02:26:29+07:00Sofiatin Sofiatin[email protected]Adiningsih Adiningsih[email protected]Dwika C. Gustiana[email protected]<p><strong>ABSTRAK:</strong> Penelitian ini bertujuan menganalisis pesan-pesan moral yang terkandung pada makna lirik Lagu Jangan Bakar Buku karya Band Efek Rumah Kaca dan implementasinya terhadap pembelajaran sastra kelas XII. Metode penelitan yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik menyimak yaitu suatu teknik yang tidak hanya menggunakan bahasa lisan namun juga menggunakan bahasa tertulis yang keduanya disebut dengan teknik sadap. Hasil pembahasan menunjukan bahwa lirik lagu ini memiliki amanat bahwa membakar buku adalah suatu tindak kejahatan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa data yang diteliti memiliki nilai pesan moral dan sebagai gambaran dari kisah nyata yang terjadi di negeri ini. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan ke pembelajaran sastra kelas XII melalui pembelajaran menganalisis nuansa makna dalam nyanyian. Penelitian ini juga dapat memberikan manfaat bagi guru sebagai bahan ajar untuk mempermudah siswa memahami makna dan pesan moral pada lirik lagu sebagai pengganti puisi. Pembelajaran melalui lirik lagu sebagai pengganti puisi setidaknya dapat mewujudkan proses belajar mengajar yang inovatif, efektif, produktif, dan meningkatkan kreativitas guru dan siswa dalam pembelajaran sastra. Bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan referensi dalam upaya memotivasi ide atau gagasan baru yang lebih kreatif dan inovatif untuk kemajuan mahasiswa dalam penelitian yang serupa.</p> <p><strong>KATA KUNCI:</strong> <em>pesan moral, makna, lirik lagu Jangan Bakar Buku</em></p> <p> </p> <p><strong>ANALYSIS OF THE MORAL MESSAGE IN THE MEANING OF THE SONG LYRICS, JANGAN BAKAR BUKU BY EFEK RUMAH KACA BAND AND ITS IMPLEMENTATION OF LITERATURE LEARNING </strong><strong>IN CLASS XII</strong></p> <p> </p> <p><strong>ABSTRACT: </strong>This research aims to analyze the moral messages contained in the meaning of the lyrics of the song Jangan Bakar Buku by the Efek Rumah Kaca band and its implementation in class XII literature learning. The research method used is a qualitative descriptive method. This research technique uses listening techniques, namely a technique that not only uses spoken language but also uses written language, both of which are called tapping techniques. The results of the discussion show that the lyrics of this song contain the message that burning books is a crime. The results of this research can be concluded that the data studied has moral message value and is an illustration of real stories that occur in this country. The results of this research can be implemented in class XII literature learning through learning to analyze the nuances of meaning in songs. This research can also provide benefits for teachers as teaching material to make it easier for students to understand the meaning and moral messages in song lyrics as a substitute for poetry. Learning through song lyrics as a substitute for poetry can at least create a teaching and learning process that is innovative, effective, productive, and increases the creativity of teachers and students in learning literature. For students majoring in Indonesian language and literature education, this research can be used as consideration and reference material in an effort to motivate new, more creative and innovative ideas for student progress in similar research.</p> <p><strong>KEYWORDS: </strong><em>moral message, meaning, song lyrics jangan bakar buku</em></p>2024-07-19T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Sofiatin Sofiatin, Adiningsih Adiningsih, Dwika C. Gustiana