ANALISIS KEMAMPUAN PELAFALAN KONSONAN PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI DESA BANDORASA WETAN KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v2i1.31Kata Kunci:
Kemampuan Pelafalan Konsonan, Fonologi, Consonant, Pronunciation, PhonologyAbstrak
ABSTRAK : Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan bahasa pada anak yang masih berusia 2-3 tahun; kajian fonologi. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menghasilkan data deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata yang diucapkan oleh anak usia 2-3 tahun dalam berkomunikasi. Data diperoleh melalui wawancara, simak, rekam, dan catat. Analisis dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah data terkumpul, menggunakan analisis deskriptif. Peneliti mengkaji hasil rekaman dengan seksama dengan langkah memutar hasil rekaman secara berulang-ulang sebelum menentukan bunyi apa saja yang dihasilkan oleh anak. Biasanya setelah anak usia 2-3 tahun, umumnya anak sudah menguasai semua jenis fonem vokal. Kaidah urutan pemerolehan bunyi bahasa pada anak yaitu dari bunyi yang mudah ke bunyi yang sukar. Sedangkan pada fonem konsonan terjadi kesulitan dalam melafalkannya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa fonem konsonan yang masih sulit diucapkan oleh anak-anak yakni belum mampu mengucapkan fonem apikoalveolar (r). Dalam penelitian ini ditemukan adanya penggantian bunyi, penambahan bunyi, dan penghilangan bunyi. Penguasaan bahasa tidak hanya terikat pada kemampuan mengucapkan atau melafalkan suatu kata akan tetapi kemampuan mengucapkan atau melafalkan suatu kata akan tetapi kemampuan anak untuk mengaitkan jenis dan makna kata tersebut. Kriteria yang dipertimbangkan adalah anak telah dapat memproduksi bentuk yang dekat bunyinya dengan bentuk orang dewasa dan dapat mengaitkan bentuk dengan makna secara konsisten.
KATA KUNCI : Kemampuan Pelafalan Konsonan, Fonologi.
Analysis Of Consonant Pronunciation Ability in Children Ages 2-3 Years
in Bandorasa Wetan Village Cilimus District Kunningan
ABSTRACT : The problem in this study aims to describe the mastery of language in children aged 2-3 yers; phonological studies. This research is a case study research that produces descriptive data. The data of this research is in the from of words spoken by children aged 2-3 years in communicating. Data were obtained througt interviews, listening, recording, and taking notes. The analysis was carried out during data collection and after the data was collected, using descriptive analysis. Researchers examined the recordings carefully by playing the recordings repeatedly before determining what sounds were produced by the child. Usually after children aged 2-3 years, generally children have mastered all types of vowel phonemes. The rules four acquiring language sound in children are from easy sounds to difficult sounds. Meanwhile, consonant phonemes have difficulty in pronouncing them. Based on the results of the study, it was found that some consonant phonemes are still difficult to pronounce by children, namely they have not been able to pronounce apicoalveolar (r) phonemes. Language mastery is not only tied to the ability to pronounce or recite a word but the child’s ability to relate the type and meaning of the word. The criteria considered are that the chiold has been able to produce a from that is close in sound to the form of an adult and can associate form with meaning consistently.
KEYWORD : Consonant, Pronunciation, Phonology.
Referensi
Alhamid, Thalha dan Budur Anufia. 2019. Resume: Instrumen Pengumpulan
Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Negeri (STAIN).
Chaer, Abdul. 2013 Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryati, Erna, Lestari, Dwi Ari dan Sobari, Teti. 2018 Pemerolehan Bahasa
Anak Usia 2-3 tahun diTinjau dari Aspek Fonologi. 01 (04 592).
Kurniatai, Erisa. 2017. Perkembangan bahasa pada anak dalam psikologi serta
Implikasinya dalam pembelajaran. Psikologi. 17 (03.47-56).
Muslich, Masnur. 2018. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyani, Sri dan Ade Siti Haryati. 2015. Teori Belajar Bahasa. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Panorama, Maya Mahajirin. 2017. Pendekatan Praktis Metode Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.
Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. 17 (33. 81).
Kurniawan. 2015. Studi Kasusu Pemerolehan Bahsa Anak Usia 2 Tahun Hasil
Pernikahan Pasangan Beda Daerah: Kajian Fonologi. 05 (02-01-15).
Wulandari, Gita, Rosi. 2020. Pemerolehan Bahasa : Kajian Aspek Fonologi Pada
Anak Usia 2-2,3 Tahun. 02 (02. 129-136).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cindy Fitriantini , Sun Suntini, Ifah Hanifah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.