Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v2i2.29Kata Kunci:
kecerdasan emosional, kemampuan menulis, teks deskripsi, descriptive text, emotional intellegence, the capability of writingAbstrak
ABSTRAK: Menulis teks deskripsi melibatkan kecerdasan emosional dalam menuangkan ide dan menggambarkan objek. Kecerdasan emosional juga dibutuhkan sebagai daya dorong dalam diri seorang siswa untuk melibatkan emosinya dalam berekspresi. Namun saat ini banyak siswa yang tidak dapat menulis teks deskripsi dengan baik. Maka dari itu penulis ingin mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021, 2) kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021, dan 3) Pegaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat survei melalui studi korelasional. Penulis mengambil populasi kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 36 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pemerolehan data sebagai berikut: 1) teknik nontes, yaitu menggunakan angket dengan skala likert, 2) teknik tes, yaitu tes mengarang. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021 sebesar 77% yang termasuk dalam kategori baik. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021 memperoleh rata-rata sebesar 82,64 yang termasuk dalam kategori baik. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021 memperoleh nilai r = 0,36 yang tergolong dalam kategori rendah dengan kontribusi 12,96%.
KATA KUNCI: kecerdasan emosional; kemampuan menulis; teks deskripsi.
>
THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE TOWARDS THE CAPABILITY OF WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF SEVENTH GRADE STUDENTS IN JHS 2 KUNINGAN ACADEMIC YEAR 2020/2021
ABSTRACT: Writing descriptive text involves the emotional intelligence in expressing idea an describing object. Emotional intelligence is needed as a thrust in a student to involue his or her expresed emotions. But at this moment, there are many student who are not capable of writing descriptive text very well. Therefore, the writer wants to know the influence of emotional intelligence towards the capability of writing descriptive. This research aims to know: 1) The emotional intelligence of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021, 2) The capality of writing descriptive text of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021, 3) The influence of emotional intelligence towards the capability of writing descriptive text of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021. The research method that use is quantitative survey though correlational studies. The writer takes the population of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021 with 360 students. The research sample is 10% of the population and it is 36 students. In this research, the writer used dara acquisition technique as follows: 1) non-tes technique, is using a quetionnaire with a likert scale, 2) test technique, is a composing text. The results obtained from the data processing are the emotional intelligence of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021 is 77% in a good category. The capability of writing descriptive text of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021 obtains the average og 82,64 in a good category. The influence of emotional intelligence towards the capability of writing descriptive text of seventh grade students in JHS 2 Kuningan academic year 2020/2021 achieves r = 0,36 with a low category and the contribution is 12,19%.
KEYWORDS: descriptive text; emotional intellegence; the capability of writing
Referensi
Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Akhaidah, Sabarti, dkk. 2004. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwi, Hasan. Dardjowodjodjo, SD., Lapoliwa, H., Moeliono, A. M. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Aprilia, Nuri dan Herdiana I. 2014. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Tawuran Pada Remaja Laki-Laki yang Pernah Terlibat Tawuran di SMK ‘B’ Jakarta. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga, 3(1).
Arifin, E. Zaenal. 2008. Cermat Bebahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo. Edisi Revisi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Artha, N. W. I., dan Supriyadi. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Umum, 1(1), 190-202.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Effendi, A. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successfull Intelligence atas IQ. Bandung: Alfabeta.
Fauzi, Achmad. 2013. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa.Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Goleman, D. 2000. Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
_________. 2002. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia.
Hajar, Fata Ibnu dan Aminda Tri Handayani. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa di SMP Negeri 1 Tanjungbali. Jurnal Pelangi. 11(1). 111-118.
Hasrar, dkk. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 2(2). 32-40.
Kusmaningsi, dkk. 2003. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Lestari, K.E. dan M. Ridwan. Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Adiatma.
Mashun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Meti M. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Mental Belajar Matematika Siswa MTs Negeri Jalaksana. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematuka. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Cirebon.
Nasehuddin, T dan Budi, M. 2015. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.
Nining, Wiwin Sri dan Sumaryati Tjitro Sumarto. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 3(1). 86-94.
NS, Suntarno.2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto.
Nurdin. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1).
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
__________________. 2015. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bsndung: Alfabeta.
________. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabet.
Santiadarma, Monty P. dan Fidelis, E. W. 2003. Mendidik Kecerdasan: Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidikk Anak Cerdas. Jakarta: Populer Obor.
Shapiro, L.E. 1998. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, Greis Hopina dkk. 2019. Ekprerimentasi Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Siswa Kelas VIII SMP Talitakum Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal EduTech. 5(2). 118-128.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Stefanus, Y. Slamet. 2006. Pengaruh Orientasi Pembelajaran Kemampuan Penalaran Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia: Sebuah Eksperimen di Program Studei PGSD FKIP UNS dalam Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi 1 Februari 2006. Surakarta: FKIP UNS.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, S. 2007. Psikologi Pendidikan: Suatu Penyajian Secara Operasional. Yogyakarta: Rake Press.
Sundari, S. 2005. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.
Surmiyarsih, W., dkk. 2012. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang Jurnal Psikologi Undip. 11(1)
Surya, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryati F. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan: Medan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tita N. 2019. Pengaruh Model Quanrum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijaya: Palembang.
Uno, H. B. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Azizah, Aan Anjasmara, Figiati Indra Dewi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.