UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI 9 PADA MATERI STRUKTUR DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARL
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.201Abstrak
ABSTRAK: Pendidikan memiliki peran penting untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki siswa baik secara intelektual, spiritual, dan moral. Namun,siswa masih sering mendapatkan hasil pembelajaran yang rendah, terkhusus pada materi karya ilmiah. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu utuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning dengan pendekatan TaRL. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan siswa sebanyak 37 siswa di kelas XI 9. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi keaktifan, hasil belajar siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI 9 memiliki kekatifan dan hasil belajar yang rendah dengan rata-rata nilai Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah 64,00. Kemudian diterapkan Kembali siklus dua dengan perbaikan pendalaman materi, barulah terdapat peningkatan yang signifikan dengan hasil rata-rata 82,11. Hal tersebut didukung dengan hasil uji-t yaitu nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan, penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terbukti berhasil dan dapat digunakan sebagai referensi dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
KATA KUNCI: Hasil Belajar, Keaktifan Pendidikan, Penilitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level.
>
EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' ACTIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN GRADE XI 9 ON THE STRUCTURE AND LANGUAGE MATERIAL OF SCIENTIFIC WORKS USING THE TARL APPROACH
ABSTRACT: Education has an important role to develop all potentials possessed by students both intellectually, spiritually, and morally. However, students still often get low learning outcomes, especially in scientific work material. The purpose of this study is to improve student activity and learning outcomes through the problem based learning model with the TaRL approach. The study was conducted in two cycles with 37 students in class XI 9. Data collection was carried out through observation of activity, student learning outcomes, and documentation of learning activities. The results of the study showed that students in class XI 9 had low activity and learning outcomes with an average value of The results of the study showed that in the first cycle, student activity and learning outcomes were still low at 64.00. Then the second cycle was re-applied with improvements in the depth of the material, only then was there a significant increase with an average result of 82.11. This is supported by the results of the t-test, namely a significance value of 0.000 (p <0.05). So it can be concluded that the application of the PBL model with the TaRL approach in an effort to improve student activity and learning outcomes has proven successful and can be used as a reference in improving student activity and learning outcomes.
KEYWORDS: Learning Outcomes, Educational Activeness, Classroom Action Research, Problem Based Learning, Teaching at The Right Level.
Referensi
Abdillah, L. A., dkk. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.
Adawiyah, Robiatul. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
As, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76-85
Asrobanni, Nadia. (2024). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Tanggapan Siswa Di Kelas VII.3 SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Sains Student Research. 2(2). 45-54.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Duron, R; Limbach, B; Waugh, W. (2006). Jurnal Internasional Pengajaran dan Pembelajaran di Perguruan Tingg. 17(2), 160-166.
Fajarina, Afri Kartikawati. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran DLE Kelas X T Av 1 Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriani, Y. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal pendidikan profesi guru, 2(2), 51-55.
Indriani, M., dkk. (2024). Upaya Penerapan Teaching At The Right Level (TaRL) Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(2). 2447-2465.
Islamiyah, R., Lestari,H. (2024). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi Memahami Struktur Teks Karya Ilmiah Melalui Metode Diskusi Berbasis Kritik Teman Sejawat (Peer Review Disscussions) Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palembang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 1(9). 67-75.
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207.Noviatami, P., Lestari, H., Fitriani, Y., Lestari, R, F. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz Di Kelas XI SMA It Izzuddin Palembang. 2(2). 55-62.
Mustafa, Sriyanti., Baharullah., Maming, Khadijah. (2024). Pembelajaran Berpusat Pada Siswa: Memaksimalkan Potensi Dengan TaRL (Teaching at The Right Level). CV. Berkah Utami.
Noviatami, P., Lestari, H., Fitriani, Y., Lestari, R, F. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz Di Kelas XI SMA It Izzuddin Palembang. Jurnal Sains Student Research. 2(2). 55-62.
Nurhalimah., Meilinda. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(3). 563-568.Purwita, H., dkk. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Elemen Yang Membangun Cerita Pendek Dengan Model Discovery Learning Dan Pendekatan Teaching At The Right Level Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI PS 2 SMAN 1 Baregbeg. 8(2). 388-396.
Purwanto, E.S., (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara, November 2023 Anggota IKAPI Jawa Tengah No. 225/JTE/2021.
Purwita, H., dkk. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Elemen Yang Membangun Cerita Pendek Dengan Model Discovery Learning Dan Pendekatan Teaching At The Right Level Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI PS 2 SMAN 1 Baregbeg. Jurnal Diksatrasia. 8(2). 388-396.
Putra, C. H., Ulumuddin, A., Naviatun, T. (2024). Peningkatan Hasil Pembelajaran Menulis Teks Karya Ilmiah Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas XI 7 SMA Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru. 168-179.Rahmayati, S. M., Hadi, F. R., Suryanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Pendekatan TaRL. 8(1). 4545-4557.
Rahmat, E. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159.
Rahmayanti, S. M., Hadi, F. R., & Suryanti, L. (2023). Penerapan model pembelajaran PBL menggunakan pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545-4557.
Rohani, R., Merta, I. W., & Wijayanti, T. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Mipa 1 Melalui Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 90-95.
Ruliani, I. D., dkk. (2024). Penggunaan pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Profesional. 2(2). 150-160.
Sanisah, S., Edi, E., Mas' ad, M. A., Darmurtika, L. A., & Arif, A. (2023). Pendampingan implementasi pendekatan TaRL (teaching at the right level) untuk meningkatkkan kemampuan literasi murid. JCES (Journal of Character Education Society), 6(2), 440-453.
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192.
Sinaga, Dameria. (2024). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UKI Press.
Siswanti, A. B., Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Penerbit ANDI (Anggota IKAPI). Sitoresmi, S. A., Untari, M. F. A. (2025). Implementasi Pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 6(1). 76-82.
Sitoresmi, S. A., & Untari, M. F. A. (2025). Implementasi Pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 76-82.
Supriatna, E. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran. (JIEPP), 4(1), 61-67.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ana ariyani safitri, Arip Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.