MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PROYEK (PjBL) BERBASIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DI KELAS VIII E SMPN 2 KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.200Abstrak
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII E SMPN 2 Kuningan melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dengan pendekatan berdiferensiasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks pidato yang disebabkan oleh kesulitan mengembangkan ide, pengorganisasian argumen, dan penggunaan bahasa yang efektif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan hasil tulisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks pidato pada setiap siklus. Strategi PjBL memungkinkan siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran melalui penyelesaian proyek nyata, sedangkan pendekatan berdiferensiasi memberikan perhatian pada kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa secara individual. Dengan demikian, kombinasi model PjBL dan pendekatan berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis pidato siswa.
KATA KUNCI: berdiferensiasi; keterampilan menulis; model PjBL; pidato persuasif.
>
IMPROVING SPEECH TEXT WRITING SKILLS THROUGH PjBL AND DIFFERENTIATED APPROACH
ABSTRACT: This study aims to improve the speech text writing skills of grade VIII E students of SMPN 2 Kuningan using a Project-Based Learning (PjBL) model combined with a differentiated approach. The research is driven by the students' difficulties in developing ideas, organizing arguments, and using effective and persuasive language. The method used is Classroom Action Research (CAR) in two cycles, involving planning, implementation, observation, and reflection. Instruments include observation sheets, field notes, and students' written texts. The results showed a significant improvement in students' writing skills in each cycle. The PjBL model engaged students in meaningful real-life projects, while the differentiated approach addressed individual learning styles, readiness, and interests. The combination of these two strategies was found to be effective in enhancing students' persuasive speech writing abilities.
KEYWORDS: differentiated learning; persuasive speech; PjBL model; writing skills.
Referensi
Andini. (2016). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan.
Habibah. (2024). Project Based Learning (PjBL) dalam Pendidikan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan.
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN SISWA DAN HASIL BELAJAR. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Kosasih, E. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Kusuma, D. A., & Luthfah, H. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi: Landasan dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Marlina. 2019. Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. [Disertasi, Universitas Negeri Padang], Padang.
Meria. (2022). Pengajaran Responsif dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan.
Purba, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan.
Sulistiyowati. (2020). Kesulitan Siswa dalam Menulis Teks Pidato. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 10.
Tarigan, H, G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Tomlinson, C. A. (2000). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. Alexandria: ASCD.
Wahyu Dian Andriana, T. D. (2023). KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT DALAM TEKS PIDATO PERSUASIF. BAPALA.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Menulis. Yogyakarta: Deepublish.
Wijayanti. (2023). Penerapan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Wulandari, Ade Sintia. 2022. Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA 12 (3).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Iin Indrayani, Arip Hidayat, Nono Sodikin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.