MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI MELALUI MEDIA KARTU PENGANDAIAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.199Abstrak
ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks argumentasi, terutama dalam menyusun argumen yang logis dan penggunaan kalimat pengandaian secara tepat dan kontekstual. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan yang cukup signifikan antara tuntutan kurikulum yang mengharuskan peserta didik mampu menulis teks argumentasi dengan baik dan kemampuan aktual mereka di lapangan. Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi pembelajaran yang dapat menjembatani kesenjangan ini dengan cara yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi melalui penggunaan media kartu pengandaian yang dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan berdiferensiasi yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan gaya dan kemampuan belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 36 peserta didik kelas IX H SMP Negeri 2 Kuningan. Pelaksanaan penelitian terbagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi hasil karya peserta didik serta aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai efektivitas intervensi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pengandaian secara sistematis dan terstruktur dapat meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi peserta didik. Nilai rata-rata kemampuan menulis peserta didik mengalami peningkatan dari 70,69 pada tahap prasiklus menjadi 88,19 pada siklus I, meningkat sebesar 24,76%. Selanjutnya, pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 92,64 dengan peningkatan tambahan sebesar 5,05%. Temuan ini membuktikan bahwa kombinasi media pembelajaran inovatif, model PjBL, dan pendekatan berdiferensiasi secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran menulis teks argumentasi di kelas.
KATA KUNCI: Kata kunci: argumentasi; diferensiasi; kartu pengandaian; keterampilan menulis; Project Based Learning; teks argumentatif
>
IMPROVING ARGUMENTATIVE WRITING SKILLS THROUGH CONDITIONAL CARD MEDIA USING PROJECT BASED LEARNING MODEL AND DIFFERENTIATED INSTRUCTION
ABSTRACT: This study was motivated by the low writing skills of students in producing argumentative texts, particularly in constructing logical arguments and using conditional sentences accurately and contextually. This reflects a significant gap between curriculum demands which require students to write coherent and persuasive argumentative texts and their actual performance in class. Therefore, instructional innovation is necessary to bridge this gap effectively. The purpose of this study was to improve students’ argumentative writing skills through the use of conditional sentence cards, integrated with the Project-Based Learning (PjBL) model and a differentiated instruction approach that tailors the learning process to students’ learning styles and readiness. This classroom action research involved 36 ninth-grade students of class IX H at SMP Negeri 2 Kuningan. The research was conducted in two cycles, each comprising planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through written tests, classroom observations, and documentation of students’ work and learning activities. The data were analyzed using both quantitative and qualitative methods to obtain a comprehensive understanding of the effectiveness of the applied learning strategies.The results of the study show that the systematic and structured use of conditional sentence cards significantly improved students’ skills in writing argumentative texts. The average writing score increased from 70.69 in the pre-cycle stage to 88.19 in cycle I (a 24.76% increase), and then to 92.64 in cycle II (an additional 5.05% increase). These findings confirm that the integration of innovative media, the PjBL model, and differentiated instruction significantly contributes to the enhancement of argumentative writing skills in secondary school students.
KEYWORDS: Keywords: argumentation; conditional cards; differentiated instruction; Project Based Learning; student writing skills; writing proficiency
Referensi
Alwasilah, A. C. (2024). Dasar-dasar Pengembangan Argumentasi dalam Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ambarita, S., Manullang, R., & Simanjuntak, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kelas Heterogen. Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 77–85.
Ananda, R. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Bulkini, M., & Nurachadijat, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Model Project Based Learning. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 34–42.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education.
Daniyati, F., Lestari, M., & Pranata, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Bahasa, 7(1), 12–21.
Fauzia, A., & Ramadan, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 45–52.
Febriana, L., Deni, A., & Setyawati, N. (2025). Peran PjBL dalam Pengembangan Teks Argumentasi Peserta didik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 51–59.
Firdaus, M., Setiawan, A., & Suwandi, J. (2024). Implementasi PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dalam Bahasa Indonesia. Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 99–108.
Gaffar, M., Juaini, H., & Rokhmat, J. (2023). Pengaruh PjBL terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(3), 201–210.
Indayanti, E., Caesar, L., & Agustini, M. (2024). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Teks Argumentasi. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 77–85.
Irsyad, S., & Anggraini, D. (2023). Project Based Learning dalam Pembelajaran Teks Argumentasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(1), 100–106.
Jeniver, A., Fadilah, N., & Alberida, N. (2023). Review Literatur tentang PjBL dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 142–152.
Kemendikbudristek. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Khofshoh, S., Wulandari, N., & Badrun, M. (2023). Dampak PjBL dan Diferensiasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 14(1), 54–61.
Koimah, N., Saputra, D., Arifin, R., & Sari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kelas Menulis. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa, 9(2), 113–120.
Lestari, A., Joharmawan, T., & Purwati, S. (2023). Penerapan PjBL Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Sains dan Pendidikan, 5(2), 34–42.
Lestari, Y., Setiawan, M., & Pratiwi, S. (2023). Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 81–90.
Lubis, R., Hasibuan, T., & Arifin, M. (2024). Media Visual dalam Pengembangan Teks Argumentasi. Jurnal Literasi Bahasa Indonesia, 6(1), 67–75.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Randa, A., Fikri, H., & Mulyani, S. (2024). Penggunaan Kartu Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentatif. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 88–95.
Ritonga, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Praktik dan Teori untuk Guru. Medan: Pustaka Nusantara.
Rubiyanti, D., Marlina, N., & Aditya, M. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menulis Teks Argumentatif. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 121–129.
Rizqien, F., & Mujianto, R. (2025). Integrasi Media Sosial dalam PjBL Teks Argumentasi. Jurnal Bahasa Indonesia Kreatif, 7(1), 45–52.
Salsabila, T., & Hindun, N. (2024). Efektivitas Model PjBL terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(3), 61–70.
Sanulita, R. (2023). Konsep dan Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 4(1), 75–80.
Sirait, L., & Sitohang, B. (2023). Strategi PjBL dalam Peningkatan Kemampuan Argumentasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia, 6(1), 91–99.
Tanjung, S., Fadillah, H., & Mahesa, F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Solusi Permasalahan Pembelajaran. Jurnal Aksi Reflektif Guru, 9(1), 50–58.
Utami, N., Dewi, S., & Sari, M. (2024). Kompleksitas Penyusunan Teks Argumentasi pada Peserta didik SMP. Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 110–120.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ida hamidah, Nadia Indah Ratnafuri, Moh Ade Rohana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.