ANALISIS BIBLIOMETRIK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR

Penulis

  • Anna Patricia Fernanda
  • Dena Widia
  • Melvindi Mutiara Dewi
  • Andriyana

DOI:

https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i2.188

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini menganalisis perkembangan studi mengenai pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan pendekatan bibliometrik. Dengan memanfaatkan alat seperti Publish or Perish dan VOSviewer, penelitian ini memetakan tren, pola, dan kontribusi berbagai model pembelajaran, termasuk Project-Based Learning (PBL), Discovery Learning, Cooperative Script, dan pendekatan berbasis STEAM. Data dianalisis dari publikasi tahun 2004 hingga 2025, dengan fokus pada tingkat SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode-metode inovatif ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa secara efektif melalui kreativitas, kolaborasi, dan penggunaan media visual. Analisis ini berkontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih relevan dan efektif, serta memberikan wawasan bagi kebijakan pendidikan masa depan.

KATA KUNCI: Identi pembelajaran, teks prosedur, bibliometrik, model pembelajaran, keterampilan menulis

 

BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF LEARNING TO WRITE PROCEDURAL TEXTS

 

ABSTRACT: This study analyzes the development of research on teaching procedural text writing using a bibliometric approach. Utilizing tools such as Publish or Perish and VOSviewer, the study maps trends, patterns, and contributions of various teaching models, including Project-Based Learning (PBL), Discovery Learning, Cooperative Script, and STEAM-based approaches. Data were analyzed from publications between 2004 and 2025, focusing on 7th-grade junior high school students. The results indicate that these innovative methods effectively enhance students’ writing skills through creativity, collaboration, and the use of visual media. This analysis contributes to the development of more relevant and effective teaching strategies and provides insights for future educational policy

KEYWORDS: teaching, procedural text, bibliometrics, teaching models, writing skills

Referensi

Aminah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model "Picture and Picture". Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 34-42.

Hasmi, L., & Pohan, R. S. D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 5(1), 51-60.

Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A. (2021). Filsafat pendidikan dan perkembangannya: Kajian bibliometrik berdasarkan database Scopus. Belantika Pendidikan, 4(2), 44-56.

Hidayat, M. T. (2020). Pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Jurnal Samudra Bahasa, 3(1), 45-51.

Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. (2021). Analisis bibliometrik dalam penelitian bidang pendidikan: Teori dan implementasi. Journal on Education, 3(4), 518-537.

Muhammad, I., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81-98.

NDRIYATI, S., KUNTORO, K., SUROSO, E., & SUKIRNO, S. (2024). Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada kelas VII MTs. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 767-783.

Salamah, S., Maretha, C., & Maretha, M. A. (2021). Analisis bibliometrik: Teori perkembangan kajian penelitian drama pada enam tahun terakhir. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 127-135.

Soleh, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran project based learning melalui google classroom dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143.

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Muhammad, I. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 387-398.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Fernanda, A. P., Widia, D., Dewi, M. M. ., & Andriyana. (2024). ANALISIS BIBLIOMETRIK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 64–72. https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i2.188

Terbitan

Bagian

Articles