Analisis ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA SOAL CERITA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMK

Penulis

  • lailatul fitriah universitas muhammadiyah malang
  • deva Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rio Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.25134/ajpm.v1i1.5

Kata Kunci:

Kata Kunci: Soal Cerita, Matematika, kalimat Efektif, Ambiguitas

Abstrak

ABSTRAK: Soal cerita matematika merupakan salah satu tipe soal yang digunakan untuk melatih kemampuan berhitung siswa  dan membaca pemahaman. Namun banyak kesalahan dalam penulisan soal cerita matematika sehingga soal membingungkan dan tidak mudah dipahami, yang biasanya disebabkan oleh adanya kata yang berlebih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, data dianalisis dengan mendeskripsikan ketidakefektifan kalimat. Sumber data merupakan soal cerita matematika yang terdapat dalam soal Try out SMK tahun ajaran 2020-2021. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, 1. Ketidakefektifan kalimat disebabkan  karena adanya penggunaan kata yang berlebihan atau pemborosan kata. 2. Ketidakefektifan kalimat yang menyebabkan ambiguitas atau bermakna ganda.

KATA KUNCI: Soal Cerita; Matematika; kalimat Efektif; Ambiguitas

 

ANALYSIS OF EFFECTIVE SENTENCES ON STORY QUESTIONS IN THE FIELD OF MATHEMATICS STUDY IN VOCATIONAL SCHOOL

 

ABSTRACT: Mathematical story questions are one type of problem that is used to train students' numeracy skills and reading comprehension. However, there are many mistakes in writing math story problems so that the problems are confusing and not easy to understand, which is usually caused by the presence of excess words. This study used a descriptive method, the data were analyzed by describing the ineffectiveness of the sentence. The data source is a math story problem contained in the Vocational High School try out questions for the 2020-2021 school year. The results of this study indicate that, 1. The ineffectiveness of sentences is caused by excessive use of words or waste of words. 2. Ineffective sentences that cause ambiguity or have multiple meanings.

KEYWORDS: Problem Stories; Mathematics; Effective Sentences; Ambiguity

Referensi

Daftar Pustaka

Dhanawaty, Ni made Dkk. 2017. Pengantar Linguistik Umum. Bali: Pustaka Larasan.

Himawan, Riswanda, Eva Nur Fathonah, Selvia Heriyati, and Eka Nur Indah Maslakhah. 2020. “Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik Pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul.” Jurnal Pena 10(1):1–9.

Juhara, erwan dkk. 2005. “Cendekia Berbahasa.” Jakarta: Setia Purna Inves.

Keraf, Goris. 2007. “Diksi Dan Gaya Bahasa.” Jakarta : PT Gramedia.

Maruka, Sarima R. 2018. “Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Poster Pada Majalah Dinding Universitas Tadulako.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 3(1):1.

Marzuqi, Iib. 2016. “Penulisan Kalimat Efektif Soal Cerita Dalam Bidang Studi Matematika Sekolah Menengah Pertama Dan Atas.” Pentas 2:1–8.

Mutiadi, Ahmad Dedi, Ifah Hanifah, and Siti Ikasari. 2018. “Ketidakefektifan Kalimat Pada Surat Dinas Tingkat Desa Se-Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Dan Ancangan Pola Pembinaannya.” FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 13(2):183–89.

Pericha, Alifia dafi ratu dkk. 2017. “Kalimat Tidak Efektif Dalam Rubrik Surat Kabar Jawa Pos Edisi 2016.” Lingua Franca 2:510–18.

Sugiarto, Eko. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi, Tesis: Suaka Media. Vol. 14 x 21 cm. Yogyakarta: Suaka Media.

Wibowo, Wahyu. 2001. “Manajemen Bahasa: Pengorganisasian Karangan Pragmatik Dalam Bahasa Indonesia ... Google Buku.” Jakarta : PT Gramedia. Retrieved March 4, 2021 (https://books.google.co.id/books?id=47D2RmEv7ZwC&pg=PA42&dq=ambiguitas+dalam+bahasa+indonesia&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjq1Ju515bvAhVAIbcAHeLoByAQ6AEwCHoECAcQAg#v=onepage&q=ambiguitas dalam bahasa indonesia&f=false).

Widaninggar, Nisita Nariswari dkk. 2017. “Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Lingkaran Berdasarkan Langkah - Langkah Polya Ditinjau Dari Kecemasan Matematika (Penelitian Dilakukan Di SMPN 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016).” (5):118–31.

Widjono. 2007. “Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi Google Buku.” Jakarta : PT. Grasindo. Retrieved March 4, 2021 (https://books.google.co.id/books?id=BADrCn6lQ0oC&pg=PA98&dq=pilihan+kata&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjbqNO2yZbvAhU273MBHaC3BR8Q6AEwA3oECAAQAg#v=onepage&q=pilihan kata&f=false).

Widyanto, Sigit. 2017. “Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sd.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.

Wijarani, Destria. 2016. “Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ssiswa SMP Negeri Di Kecamatan Kebumen.” Ekuivalen 23(2):155–60.

Wiyanto, Asul. 2006. “Terampil Menulis Paragraf.” Jakarta : PT. Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

19-08-2021

Cara Mengutip

fitriah, lailatul, Eka savitri, D. ., & Hoang Van Anh, H. (2021). Analisis ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA SOAL CERITA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMK. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.25134/ajpm.v1i1.5

Terbitan

Bagian

Articles