NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS DALAM NOVEL SITTI NURBAYA KASIH TAK SAMPAI KARYA MARAH RUSLI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v3i1.41Kata Kunci:
karya sastra, metode, novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai Karya Marah RusliAbstrak
ABSTRAK: Dalam karya sastra, tema merupakan gagasan sentral yang telah ditetapkan pengarang dan nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) unsur intrisnik novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli, 2) nilai religius novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli, dan 3) implementasi nilai religius novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli sebagai bahan ajar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian, yaitu berupa kalimat yang mengandung nilai-nilai religius dalam novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter. Keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi data yang mengandung nilai religi pada novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli, (2) mengklarifikasi data yang mengandung nilai religius pada novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli, dan (3) mendeskripsikan data yang mengandung nilai religius pada novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.
KATA KUNCI: karya sastra, metode, novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli.
THE VALUE OF RELIGIOUS EDUCATION IN THE SITTI NURBAYA KASIH NOVEL BY MARAH RUSLI: SOCIOLOGICAL STUDY OF LITERATURE AND ITS IMPLEMENTATION AS TEACHING MATERIALS
ABSTRACT: In literary works, the theme is the central idea that has been determined by the author and will later be developed into a story. This study aims to describe: 1) the intrinsic elements of the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli, 2) the religious value of the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli, and 3) the implementation of the religious values of the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli as teaching materials. Researchers use qualitative research methods. The object of research is in the form of sentences containing religious values in the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli. Data collection techniques using documentation study techniques. The validity of the data researchers used triangulation techniques. The researcher used data analysis techniques using the following steps: (1) identifying data containing religious values in the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli, (2) clarifying data containing religious values in the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli , and (3) describing data that contains religious values in the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli.
KEYWORDS: literary work, method, the novel Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai by Marah Rusli.
Referensi
Al-Ma’ruf, A. Imron; dan F. Nugrahani. 2019. Pengkajian Sastra. Surakarta: djiwa Amarta Press.
Antara, Made; dan M. V. Yogantara. 2018. Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. Senada STD Bali, Vol. 1, No. 1, Desember. Hal. 294-301
Bulan , D. Rumandang; S. A. Dewi. 2019. Analisis Unsur Intrinsik Novel Patah Hati Terindah Karya Aguk Irawan Serta Pemanfaatannya Sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Ajar di SMP Kelas VIII. Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Vol. 12, No. 1, April. Hal. 30-34
Frenki. 2011. Politik Hukum dan Perannya dalam Pembangunan Hukum di Indonesia Pasca Reformasi. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 3, No. 2, Juni. Hal. 2-8
Gunawan, H. Indra. 2020. Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, Vol. 5, No. 1, Juli. Hal. 11-20.
Hardiansyah, Framz dan Mas’odi. 2020. Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, Januari. Hal. 16-24.
Huda, Lailul dkk. 2022. Analisis Unsur Intrinsik Novel Surga juga Ada di Kaki Ayah Karya Got A Gong dan Langlang Randhawa. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, Juli. Hal. 145-151
Namun dkk. 2021. Analisis Bentuk Tema dan Nilai Moralitas dalam Novel Putus Cinta Bukanlah Akhir Segalanya Karya Ida Raihan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JIPBSI), Vol. 2, No. 1, Maret. Hal. 86-99.
Permana, Andi dkk. 2019. Analisis Unsur Intrinsik Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1, Januari. Hal. 23-26
Pulungan, A. Riskiana dkk. 2022. Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik pada Novel Gadis Kecil di Tepi Gaja Karya Vanny Charisma W. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 13, No. 1, Januari. Hal. 300-302
Rachman, Maman. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-nilai Sosial. Forum Ilmu Sosial, Vol. 40, No. 1, Juni. Hal: 7-15
Rahman, Asmika. 2018. Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 10, No. 1. Juni. Hal. 46-51
Roesli, Marah. 2010. Siti Nurbaya. Jakarta: Balai Pustaka.
Sulfemi, W. Bagja. 2019. Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor
Wachid BS, Abdul. 2019. Sastra Pencerahan. Yogyakarta: Basabasi.
Wahyuningtyas, S. dan W. H. Santosa. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kholifah Safitri, Adyana Sunanda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.