MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MELALUI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS 8G SMP NEGERI 2 KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.198Abstrak
RAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pendekatan berdiferensiasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis teks puisi siswa kelas 8G SMP Negeri 2 Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis puisi siswa setelah penerapan pendekatan dan model pembelajaran tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa integrasi antara pendekatan berdiferensiasi dan model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam pengembangan keterampilan menulis puisi.
Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis Puisi.
IMPROVING POETRY TEXT WRITING SKILLS THROUGH A DIFFERENTIATED APPROACH USING A PROJECT-BASED LEARNING MODEL IN CLASS 8G OF SMP NEGERI 2 KUNINGAN
ABSTRACT: This research aims to examine the effectiveness of implementing a differentiated approach using a project-based learning model in enhancing the poetry writing skills of 8G grade students at SMP Negeri 2 Kuningan. The research method employed is Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles. The results show a significant improvement in students' poetry writing skills after the application of this approach and learning model. This indicates that the integration of a differentiated approach and a project-based learning model can be an effective alternative in Indonesian language learning, particularly in developing poetry writing skills.
Keywords: Differentiated Approach, Project-Based Learning Model, Poetry Writing Skills.
Referensi
Aminudin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algwsindo.
Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. Clearing House, 83(2), 39-43.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia: Puisi Prosa Drama. Nobel Edumedia.
Kosasih, E. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas x. Jakarta: Erlangga.
Mascita, D.E. Tri Pujiyatna., dan Richi Prisilia. Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbantuan Media Video Pada Kelas X SMA. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=ft-Q_FkAAAAJ&citation_for_view=ft-Q_FkAAAAJ:ufrVoPGSRksC. Diakses pada tanggal 1 Juli 2024.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rock, M. L., Gregg, M., & Gable, R. A. (2016). How to Use Differentiated Instruction Effectively: 20 Strategies for the Inclusive Classroom. Intervention in School and Clinic, 52(1), 31–38.
Rozak, Rasyad. 2015. Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta, framepublishing.
Suyono dan Hariyanto, 2011.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tarigan, Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung.
Thomas, J. W. (2018). What is Project-Based Learning? Buck Institute for Education.
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of instruction in the elementary grades. ERIC Digest. Tomlinson, C. A. (1999). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. ASCD.
Widiarso, Erwin. 2017. Inovasi Belajar Berbasis Life Skill. Jakarta: Ar-ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fufu Fadilah, Arif Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.