PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA: STUDI IMPLEMENTASI DI KELAS MULTIKULTURAL

Penulis

  • Fanni Tamara Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Riskha Arfiyanti Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.192

Abstrak

ABSTRAK: Pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran bahasa menekankan keterlibatan aktif siswa dalam membangun pemahaman melalui interaksi dan pengalaman pribadi, terutama di kelas multikultural. Pendekatan ini memungkinkan integrasi budaya, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan refleksi. Studi literatur ini menganalisis efektivitas pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran bahasa dengan menyoroti keunggulan dibandingkan metode tradisional. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode ini lebih efektif dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan penghargaan siswa terhadap keberagaman budaya. Meskipun menghadapi tantangan seperti perbedaan latar belakang dan kesiapan pendidik, strategi yang tepat dapat mengoptimalkan penerapannya untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif. 

KATA KUNCI: Pembelajaran Bahasa; Pendekatan Konstruktivis; Kelas Multikultural; Strategi Pembelajaran; Pendidikan Inklusif

CONSTRUCTIVIST APPROACH IN LANGUAGE LEARNING STRATEGIES: AN IMPLEMENTATION STUDY IN MULTICULTURAL CLASSROOMS

 

ABSTRACT: The constructivist approach in language learning emphasizes active student engagement in constructing knowledge through interaction and personal experiences, particularly in multicultural classrooms. This approach facilitates cultural integration, fosters an inclusive learning environment, and enhances critical thinking and reflection skills. This literature study analyzes the effectiveness of the constructivist approach in language learning, highlighting its advantages over traditional methods. The findings indicate that this approach is more effective in increasing student motivation, comprehension, and appreciation of cultural diversity. Despite challenges such as differences in cultural backgrounds and teacher readiness, appropriate strategies can optimize its implementation to support more effective and inclusive learning. 

KEYWORDS: Language Learning; Constructivist Approach; Multicultural Classroom; Learning Strategies; Inclusive Education

Referensi

Alif Tulusiyah Anggraini, R. D. P. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME VERSUS PENDEKATAN TRADISIONAL DALAM MATA PELAJARAN. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 1–23.

Andi Sadriani, M. G. (2024). Dampak Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Keterlibatan Siswa di Kelas Multikultural di SMA Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Dewi Setiyaningsih, Imam Mujtaba, F. (2024). Sosialisasi nilai multikultural melalui cerita anak sebagai suplemen pembelajaran sosial pada siswa sekolah dasar. An-Nas : Jurnal Pengabdi Masyarakat, 2, 17–22.

Dhiku, D. D., Laksana, D. N. L., & Wau, M. P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Multilingual Berbasis Budaya Lokal Ngada Pada Tema Perkembangan Teknologi Untuk Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 751–762. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1055

Fathoni, T., & Meilia Wijayanti, L. (2023). Pendidikan Multikultural Kebudayaan Ortomotif Dalam Pluralisme Beragama. Edujavare Publishing, 1(1), 1–8. https://edujavare.com/index.php/TS/index

Fauziah, E. (2018). Penerapan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Smp Negeri 8 Yogyakarta the Implementation of Constructivism Theory on the Indonesian Language Subject in Smp Negeri 8 Yogyakarta. Journal.Student.Uny, 07, 515–525.

Ghofiru, M. D., Mansur. Rosichin, & Jazari. (2019). ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS IX KURIKULUM 2013 (Studi Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Muatan Multikultural Pada Materi Ajar). Vicratina Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 65–71.

Hamsiah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya. Jurnal Ecosystem, 19(1), 10–18.

Handayani, W., & Nurlina, L. (2024). Strategi Pembelajaran BIPA Berbasis Audio Visual Dengan Pendekatan Budaya : Kajian Literatur. JOURNAL OF KNOWLEDGE AND COLLABORATION, 344–353.

Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Melati, I. K. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. Basastra, 11(2), 163. https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351

Rahman, Santoso, G., Inrayani, & Syafiyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Keaktifan Siswa Kelas Xa SMA Negeri 1 Teminabuan Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 2(4), 567–586.

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., & Ma’mun, M. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209.

Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 888–903. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.632

Sumitro, E. A., Hanafi, I., & Rofiqi, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Multikultural di Sekolah Menengah Implementation of Indonesian Language Learning through Multicultural Approach in Secondary Schools. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 2(1), 31–36.

Tugiman, Santoso, G., Kudori, M., & Arifin. (2023). Implementasi P5 Pembuatan Aksesoris Tarian Adat : Sebagai Karakter Gotong Royong Pada Siswa Kelas 7 Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 41–45. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/652%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/652/286

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383–396. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2889

Unduhan

Diterbitkan

26-05-2025

Cara Mengutip

Tamara, F., & Arfiyanti, R. . (2025). PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA: STUDI IMPLEMENTASI DI KELAS MULTIKULTURAL. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.25134/ajpm.v5i1.192

Terbitan

Bagian

Articles