Penguasaan Kata Baku dan Kalimat Efektif pada Siswa MTs. Al Amin Bogor dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur
DOI:
https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i2.187Abstrak
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan penguasaan kata baku dan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII MTs Al Amin Bogor. Berdasarkan analisis data didapatkan; 1) adanya hubungan penguasaan kata baku dengan keterampilan menulis teks prosedur yaitu rhitung sebesar 0,691 dan rtabel 0,349. Disimpulkan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,691 > 0,349 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 2) adanya hubungan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur yaitu rhitung sebesar 0,583 dan rtabel 0,349. Disimpulkan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,583 > 0,349 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 3) adanya hubungan penguasaan kata baku dan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks prosedur menghasilkan rhitung sebesar 0,713 dan rtabel yaitu 0,349. Disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,713 > 0,349, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
KATA KUNCI: Penguasaan kata baku, kalimat efektif, keterampilan menulis teks prosedur
MASTERY OF STANDARD WORDS AND EFFECTIVE SENTENCESFOR STUDENTS OF MTS AL AMIN BOGOR INPROCEDURE TEXT WRITING SKILLS
ABSTRACT: This research intend to determine the relationship between mastery of standard words and effective sentences and procedural text writing skills in class VII students at MTs Al Amin Bogor. Based on data analysis, it was found; 1) there is a relationship between mastery of standard words and procedural text writing skills, namely rcount of 0.691 and rtable of 0.349. It can be concluded that rcount is greater than rtable, namely 0.691 > 0.349 so that H1 is accepted and H0 is rejected, 2) there is a relationship between effective sentence mastery and procedural text writing skills, namely rcount is 0.583 and rtable is 0.349. It can be concluded that rcount is greater than rtable, namely 0.583 > 0.349 so that H1 is accepted and H0 is rejected, 3) there is a relationship between mastery of standard words and effective sentences with procedural text writing skills resulting in rcount of 0.713 and rtable of 0.349. It was concluded that rcount was greater than rtable, namely 0.713 > 0.349, so H1 was accepted and H0 was rejected.
KEYWORDS: Mastery of standard words, effective sentences, procedure text writing skills
Referensi
Adiningsih, Y. & Rohmah, S. L. (2019). Hubungan Penggunaan Instagram dengan Keterampilan Menulis Iklan pada Siswa Kelas VIII MTs. YPPH Al-Hidayah Ciampea Bogor. Semnasfip.
Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92.
Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 32–38.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Pt Rajagrafindo Persada.
Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 24–35. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Eunoia/Article/View/1136
Fadhillah, D., Aulia, F., L, N. S., & Damayanti, D. (2022). Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi (H. Wijayanti (Ed.); Pertama). CV. Jejak.
Fitriyani, D. (2015). Penguasaan Kalimat Efektif Dan Penguasaan Diksi dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Siswa SMP. Jurnal Pesona, 1(2).
Haryanto, Y. (2022). Modul Statistik (Pertama). Widina Bhakti Persada. Bandung.
Huda, S., Bahtiar, A., & Nuryani. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 391.
Ningrum, V. (2020). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Jurnal Skripta, 5(2), 22–27.
Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi Antara Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–51.
Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 44–51.
Sihombing, R. M. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kata Baku terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Sanggul Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Sofiatin (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Metode Kooperatif Membaca dan Mengarang Terintegrasi Berorientasi Pengalaman Belajar. Diglosia UNMA. 3 (1), 25
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Suyanto, E. (2015). Membina, Memelihara Dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar: Kajian Historis-Teoretis dan Praktis Tulis. Graha Ilmu.
Tarigan, G. H. (2021). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas. Penerbit Garudhawaca.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sofiatin, Yulia Adiningsih, Siti Anggraeni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.